Penularan TB Paru

Metode Pengobatan dan Cara Penularan Penyakit Tuberculosis Paru

TB paru adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi kompleks Mycobacterium TB. TB paru biasanya menyerang paru-paru (sebagai pulmonary TB), tetapi juga dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, sistem limpa, sistem peredaran darah, sistem gastrointestinal, tulang, sendi, dan bahkan kulit. Mycobacterium TB merupakan jenis yang terpenting dan paling sering dijumpai. TB paru ditularkan melalui udara, ketika orang-orang yang mempunyai penyakit TB paru batuk, bersin atau meludah. Jika diterapi dengan benar TB paru yang disebabkan oleh kompleks Mycobacterium TB, yang peka terhadap obat dapat disembuhkan. TB paru biasanya pada tahap awal tidak menunjukkan gejala. Biasanya orang terkena infeksi karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Tanpa perawatan, infeksi dapat menyebar di wilayah paru-paru dan organ lainnya yang rusak. Gej ala penyakit termasuk batuk, dahak, darah dari paru-paru, demam, keringat malam, kehilangan berat badan, dan lemah. Tanpa terapi yang tepat TB paru akan mengakibatkan kematian dalam lima tahun pertama pada lebih dari setengah kasus. Penderita TB paru dengan status TB BTA (Basil Tahan Asam) positif dapat menularkan sekurang-kurangnya kepada 10-15 orang lain setiap tahunnya.

Berdaasarkan data yang ada sepertiga dari populasi dunia sudah tertular dengan TB paru. Seseorang yang tertular dengan kuman TB paru belum tentu menjadi sakit TB. Kuman TB paru dapat menjadi tidak aktif (dormant) selama bertahun-tahun dengan membentuk suatu dinding sel berupa lapisan lilin yang tebal. Bila sistem kekebalan tubuh seseorang menurun, kemungkinan menjadi sakit TB paru menjadi lebih besar. Ketika penderita TB paru batuk, bersin, berbicara atau meludah, mereka memercikkan kuman TB paru atau bacilli ke udara. Seseorang dapat terpapar dengan TB paru hanya dengan menghirup sejumlah kecil kuman TB paru. Dan kebanyakan orang yang terkena TB paru adalah masyarakat miskin yang umumnya tinggal di lingkungan yang kumuh. Kemiskinan berhubungan dengan buruknya gizi dan kondisi lingkungan yang kurang sehingga sulit untuk memberantas penyakit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Update Kesmas Disini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Weight Loss Diet

New Mobile Info

info-ponselhp photo InfoHOFlash_zpsc6939bc5.gif

Update Kesmas Lainclose