Deklarasi ODF Tingkat Desa

Deklarasi ODF Desa Sukorejo Kec. Pasrujambe Lumajang

Tahun 2011 ini Gerakan Sanitasi Total Berbasi Masyarakat (STBM) di Kabupaten Lumajang diawali dengan Deklarasi ODF di Desa Sukorejo Kec. Pasrujambe. Deklarasi yang dipusatkan di Balai Desa Sukorejo ini secara simbolis sekaligus sebagai Deklarasi ODF Desa Pagowan dan Karanganom di kecamatan yang sama. Selain Deklarasi ODF, acara ini sekaligus dimanfaatkan untuk acara peresmian Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) dan penyerahan Ambulance Desa.

Komitmen pemerintah pada target ODF Kabupaten tahun 2013 sejauh ini mendapat tanggapan baik dari camat dan kepala Desa. Mereka bergerak dengan inovasi dan variasi kecepatan yang berbeda di setiap wilayahnya. Harus diakui pola pendekatan STBM akan tidak identik di setiap wilayah.

Wilayah Kecamatan Pasrujambe sebenarnya menargetkan tribulan I tahun 2011 sudah dapat mewujudkan ODF Kecamatan. Dan sepertinya Deklarasi tiga Desa ini sebagai pemicu awal untuk 4 desa lain untuk segera mempercepat usaha pencapaian target ODF. Mereka optimis untuk melakukan itu, karena jika tidak, maka Kec. Pronojiwo yang akses penggunanaan jamban sudah menjacapai lebih dari 95% (hanya kurang dari 5%) akan mendahului deklarasi ODF mereka.

Pelaksanaan Deklarasi ODF di Desa Sukorejo ini murni inisiatif dan inovasi masyarakat, tanpa secuilpun kontribusi dari Kabupaten. Format pokok seremonial selain pembacaan naskah deklarasi yang dilakukan oleh perwakilan warga, juga penandatanganan semacam prasasti yang di tuliskan pada kertas besar (ditempel di papan), oleh 4 orang kepala dusun. Selanjutnya prasasti ini ditandatangani oleh Camat Pasrujambe dan kepala Desa Sukorejo. Sedangkan untuk menghibur masyarakat, didatangkan seperangkat alat musik (dangdut0 lengkap dengan penyanyinya. Acara ditutup dengan makan nasi tumpeng bersama.

Berikut sebagaian dokumentasi video Deklarasi ODF di Desa Sukorejo Kec. Pasrujambe Kab. Lumajang

 

 

Tagged with 

2 thoughts on “Deklarasi ODF Tingkat Desa

  1. ijin artikel ini saya masukkan di website STBM yah, pak… ^_^

    -indri-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.