Penyebab Gizi Buruk

Faktor- Faktor Penyebab Gizi Buruk

Menurut Almatsier (2009), masalah gizi umumnya disebabkan oleh kemiskinan, kurangnya ketersediaan pangan, kurang baiknya sanitasi, kurangnya pengetahuan tentang gizi, menu seimbang dan kesehatan. Sedangkan berdasarkan tingkatan penyebab gizi buruk, dapat dibagi kedalam penyebab langsung, penyebab tidak langsung dan penyebab mendasar.

  1. Penyebab langsung merupakan faktor yang langsung berhubungan dengan kejadian gizi buruk dan adanya penyakit. Interaksi antara asupan gizi dan infeksi akan saling menguatkan untuk memperburuk keadaan. Sehingga akan berakibat fatal penyebab kematian dini pada anak-anak.
  2. Penyebab tidak langsung merupakan faktor yang mempengaruhi penyebab langsung. Seperti akses mendapatkan makanan yang kurang, perawatan dan pola asuh anak kurang dan pelayanan kesehatan serta lingkungan buruk atau tidak mendukung kesehatan anak-anak. Faktor inilah yang akan mempengaruhi buruknya asupan makanan atau gizi anak dan terjadinya infeksi pada anak-anak.
  3. Penyebab mendasar terjadinya gizi buruk terdiri dari dua hal, yakni faktor sumber daya potensial dan yang menyangkut sumber daya manusia. Pengelolaan sumber daya potensial sangat erat kaitannya dengan politik dan idiologi, suprastruktur dan struktur ekonomi. Sementara sumber daya berkaitan erat dengan kurangnya pendidikan rakyat.

Incoming Search Terms:

One thought on “Penyebab Gizi Buruk

  1. Berapa balita terserang penyakit gizi buruk dan gizi kurang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.