Seri Marketing Sanitasi

Update Marketing Sanitasi Sementara

Marketing Sanitasi di Kab. Lumajang saat ini sudah melahirkan beberapa boss jamban. Salah satu diantaranya di wilayah Kecamatan Yosowilangun. Sebagai Sanitarian senior, Ibu Endang Nanik, sang bos itu, selama ini memang sudah malang melintang di dunia entrepreneurship. Mulai mebeller sampai material bangunan, sehingga saat ide marketing sanitasi bergulir, beliau paling cepat bergerak.

marketing sanitasiMinggu kemarin kita update ke wilayah Kec. Yosowilangun ini, dan hasilnya (antara lain) sebagai berikut :  Setelah hampir sekitar setahun marketing Sanitasi ini berjalan, sudah dibangun sekitar 592 jamban baru dengan jumlah pesanan belum dibangun 300 jamban. Dari wilayah ini dropping bahan dan support menular ke Kecamatan lain. Seperti di wilayah Sumbersari, disana sudah terbangun sekitar 300 buah jamban baru sebagai (hasil kerjasama dengan Ibu Endang ini), sementara jumlah pesanan belum terbangun sebanyak 314 jamban.

Di wilayah Kec. Pasirian marketing sanitasi sedikit istimewa, karena dari tangan seorang kader kesehatan, telah berhasil dibangun sedikitnya 120 jamban swadaya murni masyarakat dengan jumlah pesanan belum di bangun hampir 800 jamban. Ibu kader ini dengan triknya berhasil memasarkan produk jamban siap pakai dari rumah ke rumah. Sementara masyarakat ternyata sangat antusias menyambutnya.

Semua jamban yang dibangun pada marketing sanitasi diatas merupakan jamban improved (jamban sehat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *