Survei Akreditasi UKP Puskesmas

Metode Survei Pelayanan Klinis pada Akreditasi Puskesmas

Berbagai dokumen yang dipersiapkan di Puskesmas pada survey pelayanan klinis diantaranya adalah :

  1. Penyelenggaraan pelayanan klinis seperti : 1). Kebijakan tentang pelayanan klinis; 2). Standar Prosedur Operasional (SPO) klinis; 3). Pedoman Pelayanan Klinis; 4). Kerangka Acuan Kegiatan Pelayanan Klinis.
  2. Pelayanan Upaya Kesehatan di Puskesmas, seperti: 1). Perencanaan Upaya Kesehatan; 2). Proses yang berhubungan dengan sasaran; 3). Penyelenggaraan upaya; 4). Pengukuran, analisis, dan penyempurnaan:

Beberapa kegiatan telusur pada pelaksanaan survey UKP di Puskesmas antara lain:

A. Kegiatan Telusur Pasien Secara Individual :

  • Kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan analisis dari sistem yang digunakan oleh Puskesmas dalam memberikan asuhan, tindakan dan pelayanan dengan menggunakan pasien sebagai kerangka kerja untuk mengukur pelaksanaan standar.
  • Merupakan metoda evaluasi yang dilakukan selama dilakukan on-site survey. Kegiatan ini dimaksudkan untuk penelusuran pengalaman pasien terkait asuhan yang diterimanya selama memanfaatkan pelayanan di puskesmas.
  • Salah satu metode yang dipakai surveior dengan mengikuti alur asuhan dan tindakan pelayanan yang diberikan kepada pasien.

Berdasarkan penjelasan diatas , maka surveior melakukan kegiatan telusur pasien secara individual. Hal ini dilakukan dengan beberapa cara, yaitu : 1). Dengan mengikuti alur asuhan, tindakan, pelayanan yang diberikan kepada pasien; 2). Melakukan penilaian hubungan kerja antar petugas pemberi pelayanan dan unit kerja terkait; 3). Melakukan identifikasi masalah pada proses pelayanan pasien. Sedangkan berbagai elemen yang ditelusur antara lain:

  1. Telaah rekam medis pasien dengan staf yang bertanggung jawab
  2. Obserasi langsung pada asuhan pasien
  3. Observasi pada proses pengobatan
  4. Observasi pada upaya pencegahan dan pengendalian infeksi
  5. Observasi pada proses perencanaan asuhan
  6. Melakukan diskusi terkait data yang yang ada
  7. Observasi dampak dari lingkungan terhadap keselamatan
  8. Melakukan penilaian pada peran staf untuk menekan risiko lingkungan
  9. Observasi terhadap pemeliharaan peralatan medis
  10. Wawancara dengan pasien dan atau dengan keluarga pasien Telusur Sistem

Selain telusur pasien diatas, kegiatan telusur pada pelaksanaan survey UKP Puskesmas juga dilakukan pada telusur Sistem. Telusur ini antara lain dilakukan dengan beberapa cara, antara lain: 1). Melakukan telusur sistem berdasarkan hasil telusur individual; 2). Telusur sistem berdasar telusur pasien secara individual; 3). Telusur sistem dengan melihat semua unit pelayanan (pendaftaran sampai dengan pemulangan); 4). Telusur sistem pelayanan pada unit pelayanan, seperti unit pendaftaran, rawat jalan, laboratorium, pelayanan obat, serta pemulangan pasien.Survey akreditasi UKP

B. Telusur Pengelolaan dan Penggunaan Obat

Telusur proses manajemen dan penggunaan obat lebih difokuskan pada kemungkinan timbulnya risiko. Juga yang penting bertujuan sebagai upaya evaluasi dan memastikan kesinambungan pengelolaan dan penggunaan obat mulai pengadaan sampai dengan kegiatan monitoring efek samping obat pada pasien.

C. Telusur Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

Pada dasarnya telusur proses pencegahan dan pengendalian infeksi pada fasilitas pelayanan kesehatan, bertujuan untuk melakukan evaluasi kepatuhan terhadap standar pencegahan dan pengendalian infeksi serta aspek keamanan dan keselamatan pada fasilitas pelayanan kesehatan. Kegiatan ini juga bertujuan melakukan identifikasi masalah pencegahan dan pengendalian serta langkah tindak lanjutnya untuk penanganan risiko serta peningkatan keselamatan pasien.

D. Telusur Proses Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien

Telusur ini dilakukan dengan pengumpulan dan analisa penggunaan data untuk memperbaiki mutu dan kinerja pelayanan dan keselamatan pasien. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan evaluasi efektivitas pelaksanaan rencana, program dan proses peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

D. Telusur Proses Pengelolaan Fasilitas dan Keselamatan

Proses ini merupakan upaya pengelolaan fasilitas dan sistem keselamatan pasien untuk mendukung manajemen risiko. Sedangkan kegiatan telusur dilakukan untuk mengevaluasi proses pengelolaan fasilitas dan keselamatn pasien, serta tindakan untuk menanggulangi masalah dan menentukan tingkat kepatuhan terhadap standar.

Incoming Search Terms:

One thought on “Survei Akreditasi UKP Puskesmas

  1. Bagus sekali karna saya mau belajar bagamna managemen dan pengorganisasian pada level puskesmas yg siap dalam kapasitas n kompetensi baik sarana prasarana yg berlandaskan n mensukseskan program pak presiden Jokowi-Jk Nawacita yg dianggarkan lewat DAK Afirmasi 2017-2018 ..Trimakasih .Tuan Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.