Tahapan dan Perilaku Bayi dalam IMD

Tahap-Tahap Perilaku Bayi dalam Proses Inisiasi Menyusu  Dini (IMD)

Inisiasi menyusu dini (IMD) atau early initiation adalah memberi kesempatan pada bayi baru lahir untuk menyusu sendiri pada ibunya dalam satu jam pertama kelahirannya. Jika bayi baru lahir segera dikeringkan dan diletakkan diperut ibu dengan kontak kulit ke kulit dan tidak dipisahkan dari ibunya setidaknya satu jam, semua bayi akan melalui lima tahap perilaku (pre-feeding behavior) sebelum ia berhasil menyusui (Roesli,2008).
Perilaku Bayi dalam IMD
Menurut Depkes RI (2008), beberapa tahap perilaku bayi diatas antara lain meliputi :

  1. Dalam 30 menit pertama : stadium  istirahat/diam dalam keadaan siaga (rest/quite alert stage). Bayi diam tidak bergerak. Sesekali matanya terbuka lebar melihat ibunya. Masa tenang yang istimewa ini merupakan penyesuaian peralihan dari keadaan dalam kandungan ke keadaan di luar kandungan. Bonding (hubungan kasih sayang) ini merupakan dasar pertumbuhan bayi dalam suasana aman. Hal Ini meningkatkan kepercayaan diri ibu terhadap kemampuan menyusui dan mendidik bayinya. Kepercayaan diri ayahpun menjadi bagian keberhasilan dan mendidik anak bersama ibu. Langkah awal keluarga sakinah.
  2. Antara 30-40 menit: mengeluarkan suara, gerakan mulut seperti mau minum, mencium dan menjilat tangan. Bayi mencium dan merasakan cairan ketuban yang ada di tangannya. Bau ini sama dengan bau cairan yang dikeluarkan payudara ibu. Bau rasa ini akan membimbing bayi untuk menentukan payudara dan puting susu ibu.
  3. Mengeluarkan air liur saat menyadari bahwa ada makanan di sekitarnya, bayi mulai mengeluarkan air liurnya.
  4. Bayi mulai bergerak ke arah payudara. Areola (kalang payudara) sebagai sasaran, dengan kaki menekan perut ibu. Ia menjilat-jilat ibu, menghentak-hentakkan kepala ke dada ibu, menoleh kekanan dan kekiri, serta menyentuh dan meremas daerah puting susu dan sekitarnya dengan tangannya yang mungil.
  5. Menemukan, menjilat, mengulum puting, membuka mulut lebar dan melekat dengan baik  (Roesli, 2008).

Refference, antara lain: Roesli. 2008. Inisiasi Menyusu Dini Plus ASI Eksklusif, Pustaka Bunda, Jakarta dan Depkes RI. 2008. Profil Kesehatan Indonesia.

Incoming Search Terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.